Search

artikel globalisasi manajemen sumber daya manusia

September 8th, 2011


/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:”";
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;}

Bab 1

Globalisasi Manajemen SDM

Globalisasi Bisnis dan SDM

Manajemen Sumber Daya Manusia – SDM (human resource-HR manajemen) adalah rancangan system-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan-tujuan operasional.

Perubahan Populasi Global

Untuk memanfaatkan ertumbuhan ini,perusahaan –perusahaan di seluruh dunia telah mengadakan operasi-operasi,membentuk perusahaan-perusahaan modal ventura atau bergabung dengan perusahaan-perusahaan di Negara-negara ini.

Ketergantungan Ekonomi Global

Perekonomian global dapat dilihat dari pengaruh-pengaruh stragnasi ekonomi di Jepang,jatuhnya bursa saham AS,dan akibat-akibat dari serangan teroris internasional di Word Trade Center (WTC) AS.Contoh- contoh ini mengindikasikan tingkat ketergantungan yang tinggi diantara perekonomian Negara-negara individual.

Jenis-jenis organisasi Global

  • Impor dan ekspor : menjual dan membeli barang dan jasa dengan organisasi di Negara-negara.
  • Perusahaan Multinasional : sebuah organisasi yang memiliki unit-unit operasi yang berlokasi di Negara-negara asing.
  • Operasional Global : sebuah organisasi yang memiliki unit-unit perusahaan di beberapa Negara yang digabungkan menjadi satu untuk beroperasi di seluruh dunia.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Manajemen SDM Global

* Factor hokum dan politik

* Factor ekonomi

* Factor budaya

Pengangkatan Tugas Global

Pengangkatan tugas global meliputi penyeleksian,penempatan,dan penempatan karyawan di Negara lain

Jenis Karyawan Global

* Ekspatriat : seorang karyawan tang bekerja dalam sebuah operasi ,yang bukan merupakan warga yang berasal dari Negara di mana operasi tersebut merupakan seorang warga yang berasal dari Negara di mana kantor pusat organisasi bertempat.

* Warga dari Negara Tuan Rumah : seorang karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan dalam sebuah organisasi yang merupakan seorang warga Negara di mana operasi tersebut di tempatkan,tetapi kantor pusat perusahaan tersebut berada di Negara lain.

* Warga dari Negara Ketiga : seorang warga dari satu Negara yang bekerja di Negara kedua,dan dipekerjakan oleh sebuah organisasi yang berkantor pusat di Negara ketiga.

Tugas Global YANG Mungkin

  • Untuk tugas teknik
  • Dalam tugas fungsional
  • Untuk tugas pengembangan
  • Dalam tugas strategis

Faktor-faktor Seleksi Karyawan Global

ü Penyesuaian Kebudayaan

ü Karakteristik Pribadi

ü Persyaratan Organisasional

ü Keterampilan Kominikasi

ü Factor Pribadi/Keluarga

Manajemen Penugasan Global

  1. Orientasi dan Pelatihan Sebelum Keberangkatan
  2. Dukungan dan Pengembangan Ekspatriat
  3. Repatriasi

Kopensasi Internasional

  • Pendekatan Neraca : paket kompensasi yang menyamakan perbedaan biaya antara penugasn internasional penugasan di Negara asal
  • Pendekatan Pasar global
  • Tunjangan Global

Persoalan Hubungan Karyawan Global

  1. Hubungan Buruh-Manajemen Global
  2. Peraturan Pelecehan Seksual secara Global
  3. Kesehatan,Keselamatan,dan Keamanan Global

Bab 2

Mengubah Sifat Manajemen Sumber Daya Manusia

Aktifitas Sumber Daya Manusia

  • Kesetaraan Kesempatan Kerja
  • Pengangkatan Pegawai
  • Pengembangan SDM
  • Kompensasi dan Tunjangan
  • Kesehatan,Keselamatan,dan Keamanan
  • Hubungan Karyawan dan Buruh/Manajemen

Tantangan Manajemen SDM

Beberapa perubahan signifikasi yang dihadapi manajemen SDM adalah sbb:

  • Perubahan-perubahan ekonomi dan teknologi
  • Ketersediaan dan kualitas angkatan kerja
  • Pertumbuhan dalam angkatan kerja tidak tetap
  • Persoalan-persoalan demografi
  • Penyeimbang pekerjaan/keluarga
  • Penyusunan ulang organisasional dan merger/akuisisi

Perbedaan Peran Manajemen SDM

  • Strategis

Sebagai konstributor

  • Operasional

Mengatur sebagian besar aktifitas SDM

  • Penasihat Karyawan

Bertugas sebagai “petugas moral”

  • Administratif

Fokus pada pekerjaan administrasi secara ekstensif

Etika dan Sumber Daya Manusia

Persoalan etika dalam manajemen termasuk persoalan SDM memiliki lima dimensi:

  • Konsekuensi diperpanjang
  • Lebih dari satu alternatif
  • Hasil yang berbaur
  • Konsekuensi yang tidak pasti
  • Pengaruh-pengaruh pribadi

Studi etika yang menyeluruh bersifat filosofis,kompleks,dan berada di luar bidang buku ini. Tujuannya di sini adalah menyoroti aspek-aspek etika dari manajemen SDM. Berbagai persoalan etika dalam manajemen SDM juga dibahas dalam buku ini.

Kompetensi dan Karier Manajemen SDM

  • Generalisasi SDM

Seorang yang memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan berbagai aktifitas SDM.

  • Spesialis SDM

Seorang yang memiliki pengetahuan yang luas dan keahlian dalam bidang SDM tertentu.

Rangkaian kapabilitas berikut ini sangatlah penting bagi professional SDM

  • Pengetahuan Bisnis dan Organisasi
  • Memengaruhi dan Mengubah Manajemen
  • Pengetahuan dan Keahlian SDM khusus

Soal Manajemen Sumber Daya Manusia

Bab 1

Penengertian Manajemen SDM

1. Apa yang dimaksud dengan Impor dan Ekspor ?

ü Menjual dan membeli barang dan jasa dgn organisasi-organisasi di Negara-negara lain

2. Negara manakah yang termasuk di dalam NAFTA ?

ü Amerika Serikat

ü Kanada

ü Meksiko

3. Sebutkan factor-faktor yang mempengaruhi SDM Global ?

ü Factor hokum dan politik

ü Factor ekonomi

ü Factor budaya

4. Apa yang dimaksud dengan Ekspatriasi ?

ü Menyiapkan dan mengirimkan karyawan-karyawan global untuk melaksanakan tugas-tugas luar negeri meraka

5. Sebutkan topic-topik yang paling umum dicakup dalam pelatihan umum keberangkatan adalah !

ü Kondisi kehidupan sehari-hari

ü Adat kebudayaan

ü Persoalan bisnis

ü Sejarah Negara

ü Keadaan geografis

ü System transportasi dan telekomunikasi

6. Apa yang dimaksud dengan Pendekatan Neraca ?

ü Paket kompensasi yang menyamakan perbedaan biaya antara penugasan internasional dan penugasan di Negara asal

7. Sebutkan persoalan hubungan karyawan global ?

ü Hubungan buruh-manajemen global

ü Peraturan pelecehan seksual secara global

ü Kesehatan,keselamatan,dan keamanan,dan keamanan global

8. Sebutkan pengaruh-pengaruh globalisasi bisnis

ü Perubahan populasi

ü Ketergantungan ekonomi

ü Perserikatan regional

ü Kompetensi komunikasi global

9. Apa yang dimaksud deengan MSDM ?

ü Rancangan system-sistem formal dlm sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan-tujuan organisasional

10. Jelaskan yang dimaksud dengan perusahaan multinasional !

ü Sebuah perusahaan dimana sebuah organisasi memiliki unit-unit operasi yang beralokasi Negara-negara asing

Bab 2

Globalisasi Manajemen SDM

11. Sebutkn 7 aktifitas SDM ?

ü Perencanaan dan analisis SDM

ü Peluang pekerjaan yang sama

ü Pengangkatan pegawai

ü Pengembangan SDM

ü Kompensasi dan tunjangan

ü Kesehatan,keselamatan,dan keamanan

ü Hubungan karyawan dan buruh

12. Apa yang dimaksud dengan manajemen kinerja?

ü Menilai bagaimana karyawan melaksanakan pekerjaannya

13. Siapakah yang menjadi manajer SDM itu?

ü Manajer penjualan

ü Perawat kepala

ü Pengawas wajib militer

ü Dekan perguruan tinggi

ü Supervisor departemen akuntansi

14. Apa yang dimaksud dengan SDM ?

ü Merupakan sebuah bidang yang telah mengalami banyak perkembangan sejak pemulanya pada tahun 1990an

15. Sebutkan perbedaan peran manajemen SDM

ü Strategis

ü Operasional

ü Penasihat karyawan

ü Administratif

16. Apakah peran operasional untuk SDM ?

ü Peran operasional menghasilkan professional SDM untuk menyebutkan dan mengimplementasikan program dan kebijakan yang dibutuhkan di organisasi yang bekerja yang sama dengan manajer operasi

17. Sebutkan peran strategis untuk SDM?

ü Meningkatkan kinerja organisasi

ü Terlibat dalam perencanaan strategis

ü Membuat keputusan tentang merger,akuisisi dan pengecilan perusahaan

ü Merancang ulang organisasi dan proses kerja

ü Menjamin akuntabilitas financial untuk hasil-hasil SDM

18. Sebutkan 5 dimensi etika dalam manajemen SDM

ü Konsekuensi yang diperpanjang

ü lebih dari satu alternative

ü Hasil yang berbaur

ü Konsekuensi yang tidak pasti

ü Pengaruh-pengaruh pribadi

19. Jelaskan yang dimaksud dengan spesialis SDM !

ü Seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas dan keahlian dalam bidang SDM tertentu

20. Sebutkan kompetensi dan karier manajemen SDM

ü Pengetahuan bisnis dan organisasi

ü Mempengaruhi dan mengubah manajemen

ü Pengetahuan dan keahlian SDM khusus

ARTIKEL PENGERTIAN MSDM dan PERANAN STRATEGIK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Definisi MSDM

Rancangan system-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan-tujuan organisasi

Peranan sebagai mitra strategis

· Untuk mengevaluasi trend an persoalan ankatan kerja

· Untuk merencanakan strategi kompensasi

· Untuk menganjurkan merger/akuisisi

Peranan sebagai pendorong karyawan

· Untuk memberikan tunjangan karyawan

· Untuk mengadakan orientasi karyawan baru

· Untuk mempersiapkan laporan pekerjaan yang sama

Peranan sebagai agen perubahan

Peran operasional mengharuskan professional SDM untuk menyebutkan dan mengimplementasikan program dan kebijakan yang dibutuhkan di organisasi yang bekerja sama dengan manajer-manajer operasi. Peran ini biasanya meliputi banyak aktifitas SDM yang disebutkan sebelumnya dalam bab ini.

Peranan ahli administrasi

· Untuk memberikan tunjangan karyawan

· Untuk mengadakan orientasi karyawan baru

· Untuk mempersiapkan laporan pekerja yang sama

ARTIKEL GLOBALISASI MSDM

Globalisasi SDM dan Bisnis

Rancangan system-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan-tujuan organisasional.

Jenis-jenis organisasional global

· Impor dan ekspor :disini sebuah organisasi mulai menjual dan membeli barang dan jasa dengan organisasi-organisasi dinegara-negara lain

· Perusahaaan multinasional : sebuah organisasi yang memiliki unit-unit operasi yang beralokasi di Negara-negara asing.

· Organisasi global : sebuah organisasi yang memiliki unit-unit perusahaan di beberapa Negara yang di gabungkan menjadi satu untuk beroperasi di seluruh dunia

Factor yang mempengaruhi MSDM global

· Factor hukum dan politik

· Factor ekonomi

· Factor budaya

Jenis karyawan global

· Ekspatriat

· Warga dari Negara Tuan Rumah

· Warga dari Negara Ketiga

Manajemen penugasan SDM global

· Untuk tugas teknis

· Dalam tugas fungsional

· Untuk tugas pengembangan

· Dalam tugas strategis

line01

Leave a Reply